MENJAGA HUBUNGAN DENGAN TEMAN SEKERJA
Dalam lingkungan kerja, faktor kerja sama merupakan landasan utama agar pekerjaan bisa berhasil dengan baik dan minimal bisa mencapai sesuai yang diinginkan.Sering kita tidak menyadari keberhasilan karir kita sebenarnya akibat dorongan dan peran dari teman kerja, oleh karena itu binalah hubungan dengan kebersamaan dan ciptakan citra yang baik kepada sesama rekan kerja dan tunjukan diri kita adalah bagian tak terpisahkan dari mereka.
Dengan memperlakukan kawan sebaik mungkin dengan kesan bahwa dirinya sangat berarti bagi kita akan membawa hasil yang lebih baik dalam membina kelanjutan hubunga teman sekerja.
Kalau kita secara konsisten bisa membangun saluran komunikasi yang efektif dan efisien yang dapat menjadi wadah bagi semua karyawan untuk mencurahkan aspirasi dan keluh kesahnya, ini akan membawa suatu keberhasilan team kerja semakin lebih berkembang dalam hubungan kerja dan meciptakan iklim kerja yang nyaman dan damai.
Berikut ini kiat yang sederhana agar kita dihormati oleh teman sekerja :
Dalam lingkungan kerja, faktor kerja sama merupakan landasan utama agar pekerjaan bisa berhasil dengan baik dan minimal bisa mencapai sesuai yang diinginkan.Sering kita tidak menyadari keberhasilan karir kita sebenarnya akibat dorongan dan peran dari teman kerja, oleh karena itu binalah hubungan dengan kebersamaan dan ciptakan citra yang baik kepada sesama rekan kerja dan tunjukan diri kita adalah bagian tak terpisahkan dari mereka.
Dengan memperlakukan kawan sebaik mungkin dengan kesan bahwa dirinya sangat berarti bagi kita akan membawa hasil yang lebih baik dalam membina kelanjutan hubunga teman sekerja.
Kalau kita secara konsisten bisa membangun saluran komunikasi yang efektif dan efisien yang dapat menjadi wadah bagi semua karyawan untuk mencurahkan aspirasi dan keluh kesahnya, ini akan membawa suatu keberhasilan team kerja semakin lebih berkembang dalam hubungan kerja dan meciptakan iklim kerja yang nyaman dan damai.
Berikut ini kiat yang sederhana agar kita dihormati oleh teman sekerja :
- Jadikanlah teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja sebagai pesaing.
- Tumbuhkan rasa saling membantu satu sama lain.
- Ingatkanlah teman sekerja ketika ada sedikit menyimpang.
- Jaga agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.
- Biasakan untuk berdiskusi yang bermanfaat.
- Jangan menjelekan atau menjatuhkan teman sekerja dihadapan atasan.
- Hargai setiap teman sekerja sebagai manusia yang bermartabat.
Untuk menjaga hubungan baik antar insan Perusahaan, Segenap pegawai harus menjauhkan diri, mencegah dan tidak melakukan hal-hal sebagai berikut :
Untuk menjaga hubungan baik antar insan Perusahaan, Segenap pegawai harus menjauhkan diri, mencegah dan tidak melakukan hal-hal sebagai berikut :
- Penekanan/Intimidasi : Melaksanakan tugas dan fungsinya dengan melakukan penekanan atau intimidasi terhadap sesama rekan kerja, atasan atau bawahan untuk kepentingan tertentu, baik pribadi atau kepentingan pihak lain, internal maupun eksternal.
- Penghinaan : Melaksanakan tugas dan fungsinya dengan melakukan tindakan dan atau menggunakan kata-kata yang dapat diartikan penghinaan, kata-kata kasar dan tidak senonoh terhadap rekan kerja, atasan, atau bawahan.
- Pelecehan : Tindakan dan atau ucapan yang mengandung unsur pelecehan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan latar belakang, suku, agama, ras, adat istiadat, gender dan hal-hal lain yang berkaitan dengan norma kesusilaan dan kesopanan.
- Provokasi : Memanfaatkan posisi atau jabatan untuk memaksa dan memprovokasi rekan kerja, atasan atau bawahan untuk kepentingan politik tertentu atau kepentingan lain sejenis yang diyakini dan dianggap akan dapat membahayakan perusahaan.
- Persaingan tidak sehat : Segenap pegawai dalam mengembangkan karirnya menjauhi, menghindari, dan mencegah cara-cara persaingan tidak sehat.
Etiket Antar Rekan Kerja
Etiket Antar Rekan Kerja
- Awali kerja kita dengan suasana yang menyenangkan dan penuh persahabatan dengan memberikan sapaan, salam, dan sambutan yang ramah dan sopan atas kehadiran rekan kerja ataupun pada saat kita hadir di tempat kerja.
- Biasakanlah bersikap, bertutur kata dan berprilaku sopan kepada rekan kerja.
- Tunjukan rasa senang dan sikap sungguh-sungguh dalam membantu dan melayani rekan kerja.
- Cepat tanggap atas kesibukan dan kesulitan yang dialami rekan kerja.
- Hindari kebiasaan menimpakan kesalahan atau kekurangan kita pada rekan kerja.
- Jaga rahasia jabatan rekan kerja seandainya kita mengetahuinya.
- Jaga rahasia pribadi rekan kerja baik di kalangan internal maupun eksternal.
- Hindari membuka surat-surat pribadi rekan kerja yang masuk lewat meja kerja kita atau unit meja kerja kita.
- Hindari tindakan memberikan nomor telepon pribadi rekan kerja.
- Sampaikan dengan segera kepada rekan kerja apabila ada pesan telepon dari orang lain.
- Hindari sikap dan perilaku yang menjelek-jelekan rekan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Hindari kebiasaan “memanfaatkan” apalagi “mengorbankan” rekan kerja, demi nama baik dan peningkatan karir kita.
- Berusahalah membangun diri tanpa menghambat orang lain.
- Hindari diri kita sebagai sumber dan penyebar desas-desus di kantor.
ConversionConversion EmoticonEmoticon